header-int

7 Alasan Mengapa Harus Kuliah di Jurusan Ilmu Gizi

Kamis, 22 Apr 2021, 14:20:53 WIB - 28 View
Share

Bagi kamu yang akan memasuki jenjang kuliah, mengetahui minat serta alasan dan kegunaan dari jurusan yang diminati merupakan hal yang penting. Karena, selama menjalani kuliah, kamu tidak akan pernah terlepas dari ilmu-ilmu yang dipelajari di dalamnya. Tentu kamu tidak ingin salah jurusan, kan? 
Nah, ini 7 alasan mengapa kamu harus kuliah di jurusan Ilmu Gizi

1.    Jurusan bidang kesehatan yang keren 
Kamu mungkin tertarik melanjutkan kuliah di bidang kesehatan. Pada umumnya yang diincar adalah jurusan Kedokteran. Nah, persaingan yang tinggi kadang membuatmu harus mengambil keputusan lain. Salah satunya mencari jurusan alternatif yang bisa kamu jangkau namun tetap pada bidang yang kamu suka dan keren, ya Ilmu Gizi. 
Kenapa keren, karena jurusan ilmu gizi tidak melulu hanya masak-memasak. Kamu juga akan belajar beberapa mata kuliah kedokteran, farmasi, kesehatan masyarakat, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, kamu juga akan merasakan kuliah di bidang kesehatan lainnya.

2.    Praktikum yang seru
Tak hanya kuliah saja, jurusan ilmu gizi juga ada praktikumnya. Bukan masak-memasak saja, tetapi, ada juga yang lainnya. Mulai dari analisis zat gizi, praktikum kulinari yang akan membuatmu merasa jadi master chef, praktikum membuat restoran, praktikum membuat produk makanan, praktikum edukasi gizi, dan masih banyak lagi. Semuanya seru dan bermanfaat, asyik kan.

3.    Dapat bermanfaat antar sesama
Ilmu gizi yang kamu pelajari nantinya akan dapat bermanfaat bagi diri sendiri dalam menjaga kesehatan dan memperoleh berat badan yang ideal. Sebagai sarjana jurusan Ilmu Gizi, kamu juga dapat merekomendasikan makanan tertentu sesuai dengan kondisi kesehatan keluarga, teman, dan bahkan masyarakat pada umumnya.

4.    Mata kuliahnya menarik untuk dipelajari 
Kuliah ilmu gizi itu tidak hanya membahas mata kuliah yang berhubungan dengan energi, karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan yang lainnya saja. Tetapi ada banyak hal yang bisa kamu pelajari. Seperti pengelolaan jasa makanan di restoran, sekolah, atau rumah sakit; mata kuliah yang berhubungan dengan ketahanan pangan daerah; kulinari; dan masih banyak lagi mata kuliah yang menarik untuk dipelajari. 

5.    Prospek kerja yang bagus
Lulusan dari jurusan ilmu gizi tidak semuanya menjadi ahli gizi di rumah sakit,  ada banyak prospek kerja yang lainnya. Kamu bisa menjadi ahli gizi di beberapa perusahaan, catering makanan, membuka praktek sendiri, dosen, peneliti, konsultan, dan masih banyak lagi.  Tentu saja gaji yang ditawarkan juga tidak sedikit. Prospek kerjanya sangat menjanjikan. Kamu bisa bekerja di instansi kesehatan maupun pendidikan dan perusahaan

6.    Dapat membuka bisnis sendiri 
Selain prospek kerja yang bagus ahli gizi juga dapat berwirausaha sendiri seperti catering makanan yang menyediakan menu makanan yang sehat dan bernutrisi dengan menganalisis kandungan gizi dari makanan yang dibuat.


7.    Peluang berpenghasilan besar
Selain prospek kerja yang bagus, dan dapat berwirausaha sendiri, kamu juga berpeluang berpenghasilan yang besar sebagai peneliti di bidang gizi. Dengan begitu, tidak hanya menghasilkan pendapatan yang lumayan besar, kamu juga telah berkontribusi dalam memecahkan masalah kebutuhan gizi masyarakat luas.

Demikian tujuh alasan mengapa kamu harus kuliah di jurusan ilmu gizi. Bagaimana? Tertarik dengan jurusan yang satu ini? Bagi kamu yang ingin berkarier dan mempelajari lebih dalam mengenai Ilmu Gizi, salah satu rekomendasi instansi pendidikan yang bisa menjadi pilihan adalah Jurusan Ilmu Gizi, Universitas Muhammadiyah Jakarta. 

Selain dapat menjadi lulusan Ilmu Gizi terbaik yang memiliki kompetensi yang mampu bersaing di dunia kerja, melanjutkan pendidikan di Universitas Muhammadiyah Jakarta juga akan memberikan kamu kesempatan untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam terutama mengenai Agama Islam, dan hubungannya dengan gizi. 

Telah terakreditasi B (baik), program studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta sampai saat ini masih terus berupaya mewujudkan visi dalam mencetak sarjana yang unggul dalam pengelolaan penyakit tidak menular dan kompetitif di Indonesia, yang berlandasakan nilai Islam tahun 2025.

Unidha Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta beralamat di Jl. Kh. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, dan di Jl. Cempaka Putih Tengah, Jakarta Pusat.
© 2021 FKK UMJ Follow FKK UMJ : Facebook Linked Youtube