header-int

Bakti Sosial Mahasiswa Kedokteran FKK UMJ di Desa Jonggol, Cibodas, Bogor

Rabu, 13 Apr 2016, 11:31:16 WIB - 12612 View
Share
Bakti Sosial Mahasiswa Kedokteran FKK UMJ di Desa Jonggol, Cibodas, Bogor

Akses pelayanan kesehatan merupakan salah satu problematika dan tantangan dalam bidang kesehatan untuk dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Desa Cibodas Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor merupakan salah satu daerah yang masih sulit untuk dapat diakses kesehatan masyarakatnya. Permasalahan tersebut membuat Himpunan Mahasiswa Kedokteran (HMPD) dan Program Studi Kedokteran (PSKD) Fakultas Kedokteran dan Kesehatan  Universitas Muhammadiyah Jakarta, tergerak untuk dapat membantu warga sekitar untuk dapat memenuhi kebutuhan kesehatannya.


Pada hari Sabtu sampai dengan Minggu tanggal 9-10 April 2016 Himpunan Mahasiswa Kedokteran (HMPD) Bekerjasama dengan Prodi Kedokteran (PSKd) FKK UMJ telah mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat II yang bertempat di Desa Jonggol Kecamatan Cibodas Bogor. Rangkaian kegiatan ini terbagi menjadi 2 (dua) hari yakni Sabtu dengan acara penyuluhan, pengobatan dan pemeriksaan gratis, dan Minggu dengan acara sirkumsisi (sunat), pengobatan dan pemeriksaan gratis. Kegiatan Pengabdian Masyarakat II ini melibatkan 17 Dokter dan didampingi mahasiswa kedokteran. Dalam kegiatan ini warga desa jonggol sangat antusias, terbukti dengan banyaknya warga yang datang mencapai 468 orang utuk pemeriksaan kesehatan dan 20 orang anak untuk sirkumsisi.


Ditempat terpisah, Dekan berserta Kaprodi FKK UMJ dengan didampingi Kepala Desa melakukan kunjungan ke Sekolah Dasar 02 Desa Cibodas Jonggol untuk memberikan bantuan pembangunan dan perbaikan sebuah sarana Mandi, Cuci, Kakus (MCK) di Sekolah Dasar tersebut. Ini merupakan sebuah bentuk kepedulian FKK UMJ kepada siswa-siswi Sekolah Dasar 02 Desa Cibodas Jonggol dalam memenuhi kebutuhan sebuah sarana MCK untuk dapat menunjang kegiatan sehari-hari.
Tujuan dari kegiatan ini sendiri adalah sebagai bentuk pengabdian masyarakat mahasiswa kedokteran FKK UMJ kepada masyarakat luas sekaligus melaksanakan Catur Dharma Perguruan tinggi yaitu salah satunya dengan melalui pengabdian masyarakat. Kegiatan seperti ini juga sangat membantu mahasiswa kedokteran PSKd FKK UMJ untuk dapat mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari selama perkuliahan

Unidha Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta beralamat di Jl. Kh. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, dan di Jl. Cempaka Putih Tengah, Jakarta Pusat.
© 2020 FKK UMJ Follow FKK UMJ : Facebook Linked Youtube