header-int

Lulusan Ilmu Gizi Banyak Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Selasa, 04 Mei 2021, 12:36:17 WIB - 16 View
Share

Kamu tertarik dengan dunia kesehatan sekaligus suka memasak, dan sedang bingung menentukan jurusan kuliah? Jika iya, memilih jurusan Ilmu Gizi bisa menjadi pilihan terbaik loh. Di jurusan ini, kamu tidak hanya akan mempelajari soal gizi saja, akan tetapi banyak juga mempelajari mengenai makanan dan masakan, kandungan nutrisinya, bagaimana menerapkan pola hidup yang lebih sehat, dan masih banyak lagi. 

Dalam hal ini, nggak cuma diri pribadi saja yang bisa merasakan manfaatnya, kamu juga bisa menjadi agen perubahan orang-orang terdekat, serta masyarakat umum agar dapat hidup dengan lebih sehat. Bagaimana, menarik bukan? Nah sekarang, mari kita bicarakan mengenai prospek kerjanya.

Saat ini, menjadi abdi negara sebagai PNS tentu merupakan impian setiap sarjana. Bahkan banyak orang tua di luar sana yang mendorong anaknya untuk bisa menjadi PNS. Memang ada apa sih dengan PNS?

Keuntungan Menjadi PNS

Sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjadi PNS. Alasan yang pertama mengapa menjadi PNS merupakan hal yang menjadi prioritas banyak orang adalah karena gajinya yang terjamin, dan bahkan akan terus mengalami peningkatan. Tidak hanya itu saja, disamping gaji pokok, seorang PNS juga akan mendapatkan berbagai tunjangan, seperti tunjangan transportasi, kesehatan, dan lainnya. 

Tidak hanya terjamin gajinya setiap bulan, seorang PNS juga mendapatkan jaminan selama masa pensiunnya. Hal ini berarti, dengan menjadi seorang PNS, kamu masih akan bisa memenuhi kebutuhan dengan gaji pensiun. Bahkan, apabila seorang PNS kemudian meninggal dunia di masa pensiunnya, istri dan anaknya masih berhak mendapatkan gaji pensiun tersebut loh.

Peluang Lulusan Ilmu Gizi Menjadi PNS

Kata siapa yang bisa menjadi PNS hanya lulusan Ilmu Hukum saja? Faktanya lulusan apa saja bisa menjadi PNS, selama kebutuhan formasi di pemerintahan juga mensyaratkan jurusan tersebut. Adapun dengan jurusan Ilmu Gizi, kamu gak perlu khawatir, karena kebutuhan formasi CPNS akan selalu merekrut para sarjana-sarjana Ilmu Gizi. 

Mengapa? Karena permasalahan gizi menjadi salah satu permasalahan yang banyak dihadapi oleh Indonesia, sebagai negara berkembang dengan jumlah penduduk yang cukup padat. Dalam hal ini masyarakat Indonesia banyak dihadapkan dengan persoalan-persoalan seperti obesitas, gizi buruk, stunting, dan berbagai macam penyakit malnutrisi lainnya. 

Nah untuk mengatasi permasalahan rakyatnya tersebut, pemerintah Indonesia kemudian berusaha merekrut ahli-ahli gizi, untuk membantu mengatasi persoalan gizi negeri. Ahli gizi yang akan direkrut sebagai PNS ini, tentunya harus telah menjalani masa pendidikan minimal tingkat D3 dan juga S1. Dengan persyaratan telah menjalani masa pendidikan ini, para lulusan Ilmu Gizi diharapkan mampu mengaplikasikan ilmu yang dimilikinya, dan menjadi nutrisionis profesional yang tidak hanya memiliki keahlian secara akademik, namun juga mampu menjadi praktisi yang handal.

Bagaimana, sudah yakin ingin menjadi sarjana Ilmu Gizi dan membantu menyelesaikan permasalahan gizi negara? Jika iya, kamu bisa memilih Fakultas Gizi, Universitas Muhammadiyah Jakarta sebagai tempat menempa ilmunya. Institusi pendidikan Ilmu Gizi terbaik yang satu ini memiliki visi mencetak sarjana yang unggul dan kompetitif, dengan berlandaskan nilai-nilai Islam loh. Jadi, tidak hanya kamu akan memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi PNS, melanjutkan pendidikan di Fakultas Gizi, Universitas Muhammadiyah Jakarta juga akan membantu kamu menjadi insan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Unidha Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta beralamat di Jl. Kh. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, dan di Jl. Cempaka Putih Tengah, Jakarta Pusat.
© 2021 FKK UMJ Follow FKK UMJ : Facebook Linked Youtube