header-int

Para Pahlawan Kesehatan Indonesia yang Terkenal di Dunia

Selasa, 06 Apr 2021, 09:08:22 WIB - 12 View
Share

Di Indonesia, pahlawan biasanya diidentikkan dengan perang dan perjuangan melawan penjajah. Padahal, banyak pahlawan-pahlawan Indonesia yang tidak hanya mengangkat senjata tapi turut menyumbangkan kontribusi yang besar di berbagai bidang, salah satunya adalah kontribusi di bidang kedokteran.

Kontribusi yang diberikan oleh para pahlawan kesehatan Indonesia ini tidak tanggung-tanggung. Mereka berhasil menarik perhatian dunia.

Prof Dr Gerrit A. Siwabessy

Prof Dr Gerrit A. Siwabessy adalah salah satu pahlawan kesehatan Indonesia yang juga turut serta dalam perjuangan melawan pendudukan Jepang serta Belanda. Selain itu, Siwabessy yang melanjutkan studi di bidang Radiologi dan Kedokteran Nuklir di London University, Inggris ini juga berjasa dalam pendirian Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN). Karena banyak berjasa di bidang kesehatan Indonesia, Gerrit A Siwabessy kemudian ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan Indonesia selama 2 periode.

Hasri Ainun Habibie

Hasri Ainun Habibie, selain merupakan mantan ibu negara, ternyata juga merupakan seorang dokter dan juga ketua Perkumpulan Penyantun Mata Tunanetra Indonesia (PPMTI). Salah satu jasa yang telah diberikan oleh pahlawan kesehatan Indonesia ini adalah mendirikan Bank Mata Indonesia. Hingga saat ini, Bank Mata telah banyak membantu para tunanetra yang kebanyakan berasal dari kalangan menengah ke bawah.

Prof Dr Sardjito

Prof Dr Sardjito merupakan rektor pertama Universitas Gadjah Mada. Semasa hidupnya, ia sangat berjasa di bidang kesehatan Indonesia, terutama dalam merintis pendirian Palang Merah Indonesia (PMI). Selain itu, Sardjito juga berhasil menciptakan obat penghancur batu ginjal yang dinamakan calcusol. Karena berbagai kontribusi yang diberikannya di bidang kesehatan tersebut, tentu gelar pahlawan kesehatan Indonesia sudah pasti sangat cocok dengannya.

Pof Dr RM Padmosantjojo

Prof Dr RM Padmosantjojo merupakan salah satu dokter ahli bedah syaraf terbaik Indonesia. Ia sempat membuat dunia gempar melalui operasi pada anak kembar siam yang kepalanya saling berdempetan. Pada saat itu, Padmosantjojo berhasil dan sukses melangsungkan operasi pemisahan kepala kedua anak kembar tersebut. Atas kontribusi di bidang kedokteran inilah, ia kemudian dijuluki sebagai pahlawan kesehatan Indonesia.

Akmal Taher

Akmal Taher merupakan seorang dokter ahli bedah asal Indonesia. Ia telah banyak membuat karya yang memiliki kontribusi di bidang kedokteran. Salah satu karyanya, inhibitor of phosphodiesterase 4 yang memiliki hak paten di Jerman, Amerika, Kanada dan juga Jepang. Selain itu, dokter Akmal Taher juga pernah mendapatkan penghargaan Satyalancana Karya Satya di tahun 2004.

Soelarto Reksoprodojo

Soelarto Reksoprodjo merupakan seorang dokter spesialis bedah ortopedi yang telah banyak berjasa di bidang kesehatan Indonesia. Ia mendapatkan julukan sebagai the killer karena sikap keras dan tegasnya kepada pasien. Namun, dibalik sikap tegas dan kerasnya tersebut ia memiliki kejujuran dan juga profesionalitas yang dikagumi. Selain itu, karena kepiawaiannya sebagai ahli bedah, Soelarto Reksoprodjo kemudian dianugerahi penghargaan internasional dengan sebutan “pisau emas”.

Itulah beberapa nama para dokter Indonesia yang telah memberikan banyak kontribusi di bidang kedokteran Indonesia. Diharapkan. di masa depan akan semakin banyak dokter-dokter yang dapat menjadi pahlawan kesehatan Indonesia, dengan karya-karya yang luar biasa, yang dapat bermanfaat bagi dunia kesehatan.

Berbagai universitas di Indonesia kemudian saling berlomba-lomba dalam menciptakan lulusan-lulusan berkualitas di bidang kedokteran. Universitas Muhammadiyah Jakarta melalui Fakultas Kedokteran dan Kesehatan pun turut serta mengambil andil dalam upaya pengembangan dunia kedokteran dan kesehatan di Indonesia. Tidak hanya itu, lulusan-lulusan terbaik ini juga nantinya akan dibekali dengan nilai-nilai ketaqwaan serta budi pekerti yang luhur.

Unidha Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta beralamat di Jl. Kh. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, dan di Jl. Cempaka Putih Tengah, Jakarta Pusat.
© 2021 FKK UMJ Follow FKK UMJ : Facebook Linked Youtube