header-int

Penting Untuk Diketahui, Ini Pertimbangan Biaya Melakukan Persalinan di Bidan

Selasa, 04 Mei 2021, 12:37:04 WIB - 16 View
Share

Merencanakan persalinan sejak jauh-jauh hari adalah suatu hal yang penting untuk diperhatikan oleh setiap keluarga yang sedang menantikan kehadiran buah hati. Adapun yang perlu diperhitungkan adalah biaya persalinan nantinya, baik untuk membeli barang-barang bayi yang harus dipersiapkan ketika melahirkan, maupun untuk membayar jasa tenaga medis yang membantu jalannya proses kelahiran.

Nah dalam hal ini, persalinan di bidan ataupun klinik bersalin masih menjadi primadona dan pilihan utama banyak masyarakat Indonesia. Bidan dianggap memiliki kemampuan khusus dalam persalinan, yakni mampu menyentuh sisi psikologis dan dari segi sesama perempuan. Selain itu, persalinan dengan bidan juga dapat diakses dengan harga yang cukup terjangkau bagi banyak kalangan.

Lalu seperti apa pertimbangan biaya yang harus diperhatikan jika ingin melakukan proses persalinan bersama bidan?

1.    Biaya Persalinan di Bidan

Apabila tidak ada masalah yang serius berkaitan dengan kondisi kesehatan kandungan dan ibu ketika pemeriksaan kehamilan, bersalin di bidan dapat menjadi pilihan yang tepat. Mengapa? Karena biaya persalinan di bidan rata-rata berada di bawah biaya persalinan di rumah sakit. Biaya yang dibutuhkan untuk bersalin di puskesmas dengan bidan apabila bersalin secara normal hanyalah sebesar Rp 800 ribu-Rp 950 ribu saja. Biaya yang dikeluarkan ini, sudah termasuk perawatan bayi dan juga akomodasi loh. Adapun jika dibandingkan, biaya persalinan di rumah sakit bisa mencapai jutaan rupiah. Sebagai contoh adalah biaya persalinan di RS swasta di Bekasi, yakni sebesar Rp 6,2 juta hingga Rp 13 juta.

2.    Dibayar BPJS

Selain memiliki biaya yang murah, biaya persalinan dengan bidan saat ini sudah ditanggung BPJS. Tarif yang telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan untuk biaya persalinan normal adalah sebesar Rp 600 ribu. Namun, jika terdapat tindakan lain, maka akan dikenakan beberapa penambahan biaya. Seperti contoh, untuk tindakan pemeriksaan kehamilan, dibutuhkan biaya sebesar Rp 25 ribu, serta untuk penanganan pendarahan pasca keguguran ataupun tindakan darurat dasar, dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 750 ribu. Nah apabila persalinan berjalan sesuai dengan prosedur dan juga tidak naik kelas perawatan, maka tidak diperbolehkan adanya biaya tambahan. 

3.    Tabungan Persalinan

Walaupun biaya persalinan di bidan jauh lebih murah, tapi tidak ada salahnya jika menyiapkan tabungan untuk biaya persalinan dari jauh-jauh hari. Cara menyiapkan tabungan  persalinan dapat dimulai dengan membuka tabungan rencana di bank. Namun, beberapa fasilitas kesehatan seperti klinik ataupun rumah sakit, sudah mulai banyak yang menyediakan tabungan persalinan. Selain itu, hindari juga terlalu banyak membeli  perlengkapan bayi. Cukup sediakan barang-barang yang memang sangat dibutuhkan untuk persiapan persalinan. Hal ini penting, untuk menghindari kebiasaan membeli barang-barang yang sebenarnya tidak begitu penting, dan hanya akan membuang uang saja.

Itulah dia beberapa pertimbangan biaya persalinan di bidan. Pekerjaan sebagai seorang bidan merupakan salah satu profesi yang mulia, dan akan terus relevan bahkan di masa depan nanti.

Nah bagi kamu yang masih ingin melanjutkan pendidikan dan tertarik untuk menjadi bidan, Fakultas Kebidanan Universitas Muhammadiyah Jakarta dapat menjadi pilihan yang tepat. Telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang lengkap, dosen-dosen yang telah ahli di bidangnya, serta kurikulum yang komprehensif dalam mendukung kegiatan pembelajaran, Fakultas Kebidanan Universitas Muhammadiyah Jakarta telah berhasil meluluskan bidan-bidan berkualitas dan profesional di bidangnya.

Unidha Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta beralamat di Jl. Kh. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, dan di Jl. Cempaka Putih Tengah, Jakarta Pusat.
© 2021 FKK UMJ Follow FKK UMJ : Facebook Linked Youtube