header-int

Peran Aktif Civitas Akademika Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Selama Pandemi

Selasa, 06 Apr 2021, 09:08:09 WIB - 12 View
Share

Pandemi Covid-19 merupakan salah satu musibah kesehatan yang telah melumpuhkan berbagai sektor kehidupan di setiap negara. Tidak hanya itu, musibah yang satu ini juga telah menimbulkan luka yang mendalam karena banyak memakan korban jiwa. Karena permasalahan inilah, segenap usaha dikerahkan demi penanganan Pandemi Covid-19.

Setiap pihak saling bahu membahu dalam upaya penanganan pandemi Covid-19, mulai dari pemerintah, masyarakat pada umumnya, hingga civitas akademika Fakultas Kedokteran dan Kesehatan. Pemerintah berusaha memformulasi serangkaian kebijakan dalam upaya pengendalian kasus, masyarakat berusaha menerapkan berbagai kebijakan dan protokol kesehatan yang berlaku, adapun civitas akademika Fakultas Kedokteran dan Kesehatan berusaha memberikan sumbangsih dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki.

Lalu seperti apa peranan aktif civitas akademika Fakultas Kedokteran dan Kesehatan di Indonesia selama masa pandemi? Berikut ini adalah penjelasan berdasarkan masing-masing entitas civitas akademika itu sendiri.

Peran Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kesehatan

Peran mahasiswa, terutama mahasiswa kedokteran sebagai bagian dari civitas akademika Fakultas Kedokteran dan Kesehatan pun semakin meningkat di masa pandemi ini. Sebagai calon tenaga medis, mahasiswa kedokteran dianggap telah memiliki kompetensi dasar yang cukup memadai untuk membantu penanganan pandemi Covid-19, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Secara langsung, peran mahasiswa kedokteran di masa pandemi dapat ditunjukkan dengan kemampuan pemeriksaan fisik serta pemantauan kualitas kesehatan pasien. Adapun secara tidak langsung, karena dianggap masih belum memiliki kualifikasi yang cukup untuk mengambil tindakan medis, mahasiswa kedokteran dapat berusaha mengkampanyekan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait urgensi pandemi Covid-19 ini.

Peran mahasiswa kedokteran di masa pandemi ini tidak hanya dilakukan secara individu saja, akan tetapi biasanya juga dilakukan melalui lembaga-lembaga organisasi mahasiswa. Para organisasi mahasiswa kedokteran dalam hal ini mengkampanyekan berbagai gerakan penggalangan dana, hingga talkshow dan webinar yang diselenggarakan dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat, serta melawan stigma-stigma negatif mengenai Covid-19, yang beredar secara luas. Cara ini memang sangat sesuai dengan peran mahasiswa itu sendiri, yakni sebagai agent of change.

Peran Dosen Fakultas Kedokteran dan Kesehatan

Dosen sebagai salah satu entitas penting dari civitas akademika Fakultas Kedokteran dan Kesehatan juga memegang peranan yang cukup krusial di masa pandemi ini. Peran dosen kedokteran dalam hal ini tidak hanya sebagai tenaga pendidik saja, melainkan juga merangkap sebagai praktisi yang berdiri di garda terdepan penanganan pandemi Covid-19, yang secara langsung menangani pasien terinfeksi Covid-19, hingga melakukan berbagai kajian akademik maupun penelitian-penelitian yang berkaitan dengan Covid-19 secara keseluruhan.

Berbekal pengetahuan dan kompetensi yang mumpuni di bidangnya, para dosen Fakultas Kedokteran dan Kesehatan seringkali menjadi penasihat penting yang memberikan berbagai masukan dan saran pada setiap pengambilan keputusan oleh pemerintah. Di banyak kesempatan, para dosen ini juga bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya untuk terus mengedukasi masyarakat mengenai urgensi penanganan pandemi Covid-19.

Setiap entitas dari civitas akademika Fakultas Kedokteran dan Kesehatan memiliki peran aktif yang sangat penting selama masa pandemi. Salah satu institusi kedokteran di Indonesia yang banyak berperan aktif selama masa pandemi ini adalah Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Berbagai webinar, talkshow, hingga diskusi diselenggarkan secara online sebagai wadah bertukar gagasan dan pikiran bagi para civitas akademika kedokteran hingga masyarakat umum, dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Unidha Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta beralamat di Jl. Kh. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, dan di Jl. Cempaka Putih Tengah, Jakarta Pusat.
© 2021 FKK UMJ Follow FKK UMJ : Facebook Linked Youtube