header-int

Peran Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Terhadap Masyarakat

Selasa, 06 Apr 2021, 09:08:00 WIB - 9 View
Share

Selama menjadi bagian dalam sebuah perguruan tinggi, seluruh civitas akademika baik mahasiswa dan juga dosen memegang tiga pilar penting. Ketiga pilar ini harus terus diamalkan dalam setiap kegiatan, sebagai wujud dari kewajibannya sebagai kaum intelektual. Pilar-pilar kewajiban tersebut kemudian disebut sebagai Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Jadi, selain melaksanakan kewajiban pendidikan dan penelitian dalam rangka pemahaman akan bidang ilmu tertentu, seluruh civitas akademika juga memiliki kewajiban untuk mengabdi kepada masyarakat.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, sebagai salah satu entitas dalam institusi pendidikan tinggi di Indonesia juga melaksanakan kewajiban untuk mengabdi kepada masyarakat. Bagaimana tidak, peran mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kesehatan cukup penting terutama dalam rangka mempromosikan aktivitas-aktivitas kesehatan. Selain itu, memenuhi pilar ketiga Tri Dharma Perguruan Tinggi ini pun menjadi suatu hal mutlak bagi seorang mahasiwa fakultas kedokteran dan kesehatan, yang kelak akan menjalani profesi sebagai dokter, yakni profesi yang erat kaitannya dengan pengabdian dan juga kontribusi terhadap masyarakat.

Peran mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kesehatan terhadap masyarakat tentu tidak akan jauh-jauh dari bidang keilmuan yang digeluti setiap hari, yakni di bidang kedokteran dan kesehatan. Mereka yang dinilai memiliki tingkat keilmuan di bidang kedokteran yang lebih tinggi dibanding masyarakat pada umumnya diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat dengan cara peka terhadap isu-isu kesehatan di lingkungan sekitar. Hal ini kemudian dilakukan dengan berbagai bentuk, mulai dari dengan mengadakan sosialisasi, seminar, diskusi umum, menggalang bantuan sosial, dan turut serta menjadi relawan kesehatan. Hal ini dilakukan dengan ikhlas semata-mata untuk tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat umum, khususnya di bidang kesehatan.

Sebagai contoh, peran mahasiswa Fakultas Kesehatan dan Kedokteran dapat diwujudkan dalam bentuk pemberian pemeriksaan gigi gratis kepada masyarakat, membagi-bagikan bahan makanan bergizi ketika Hari Gizi Nasional, mengkampanyekan sikap anti rokok, melakukan kerja bakti, membersihkan lingkungan dalam rangka mencegah berkembangnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), melakukan pemeriksaan tensi gratis, dan masih banyak lagi. Selain itu, peran mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kesehatan juga penting dalam menangkal berbagai hoax dan mitos-mitos kesehatan yang banyak beredar dan diyakini oleh masyarakat.

Adapun pada masa pandemi Covid-19 seperti yang sedang dialami saat ini, kontribusi terhadap masyarakat dapat ditunjukkan mahasiswa dengan berperan aktif dalam penggalangan donasi untuk membantu masyarakat yang terdampak perekonomiannya, mensosialisasikan cara mencuci tangan yang baik dan benar, hingga mengkampanyekan pentingnya menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan virus Covid-19.

Dengan pemikiran-pemikiran yang inovatif, mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kesehatan diharapkan dapat menimbulkan terobosan-terobosan baru melalui berbagai kajian ilmiah di bidang kesehatan. Selain itu juga untuk menyelesaikan problematika kesehatan masyarakat yang masih belum tertanggulangi dengan baik. Selain itu, dengan pemikirannya yang kreatif, unik dan out of the box, peran mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kesehatan sebagai the health promotor pun akan semakin menguat. Melalui berbagai cara-cara yang unik, menarik, dan tidak biasa, diharapkan mahasiswa akan semakin mampu dalam meningkatkan kesadaran masyarakat.

Ada begitu banyak kontribusi yang telah diberikan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kesehatan dalam rangka memenuhi kewajiban untuk mengabdi kepada masyarakat. Harapannya, kontribusi dan peran mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kesehatan ini akan semakin meningkat, seiring dengan semakin kompleksnya permasalahan kesehatan di masyarakat.

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Jakarta merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi kedokteran di Indonesia yang telah aktif berperan dalam memberikan sumbangsih dan kontribusi terhadap masyarakat di bidang kesehatan. Peran aktif tersebut ditunjukkan dengan diadakannya bakti sosial kesehatan masyarakat di wilayah Ciputat, pemberian pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu, serta dilangsungkannya diskusi tematik mengenai perlindungan anak. Semuanya ini dilakukan untuk menghasilkan suatu solusi dan rekomendasi praktis kepada pemerintah dalam menanggulangi permasalahan kekerasan anak di Provinsi Banten.

Unidha Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta beralamat di Jl. Kh. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, dan di Jl. Cempaka Putih Tengah, Jakarta Pusat.
© 2021 FKK UMJ Follow FKK UMJ : Facebook Linked Youtube