header-int

Selain Gajinya Gede, Nih Peluang dan Prospek Kerja Ilmu Gizi

Kamis, 22 Apr 2021, 14:23:48 WIB - 37 View
Share

Bayangan pertama saat dengar ilmu gizi, bagaimana prospek kerjanya? Padahal, peluang atau prospek kerja ilmu gizi sangat besar. Ada banyak jenis profesi yang bisa Kamu geluti setelah lulus berkuliah di jurusan ilmu gizi. 


Prospek kerja menjadi salah satu pertimbangan yang perlu kamu perhatikan ketika memilih jurusan kuliah, termasuk juga dalam memilih jurusan ilmu gizi. Jadi, setelah lulus nanti, Kamu tidak perlu terlalu lama menganggur.


Ilmu gizi merupakan salah satu jurusan yang ada di bidang kesehatan. Sesuai namanya, jurusan ini mempelajari segala hal tentang gizi dan nutrisi yang sesuai dan dibutuhkan oleh manusia.?

Nah, prospek dan peluang apa jika nanti kamu lulus dari jurusan Ilmu Gizi?

1.    Konsultan Gizi

Namanya saja konsultan. Profesi konsultan gizi banyak dibutuhkan di berbagai tempat dan perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Tugas Kamu di perusahaan tersebut adalah memberikan saran terkait jumlah nutrisi yang baik dikonsumsi oleh manusia. 

Gajinya, tak usah khawatir. Konsultan gizi di sebuah perusahaan, startnya bisa mencapai Rp 6,000,000 perbulan. Dan kebutuhan konsultan ini di perusahaan sangat dibutuhkan sehingga seiring waktu, karier akan semakin menanjak.

2.    Ahli Gizi di Rumah Sakit 

Di setiap rumah sakit, tentunya ada bagian gizi yang membutuhkan banyak pegawai. Kamu bisa menjadi ahli gizi atau konsultan gizi untuk pasien di rumah sakit. Jika ada pasien yang bermasalah pada gizi, Kamu yang bertugas memberikan saran dan informasi untuk menangani masalah tersebut.

3.    Dosen 

Apabila kamu tertarik dengan dunia pendidikan, kamu bisa menjalani karier untuk menjadi seorang dosen. Setelah lulus sebagai sarjana Ilmu Gizi, kamu dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu jenjang S2. Setelah berhasil menjalani jenjang yang lebih tinggi, kamu dapat mendaftar sebagai seorang dosen di universitas yang kamu inginkan. Soal gaji, sstt dosen gizi di universitas termasuk jarang lho. 

4.    Pegawai Negeri Sipil di Dinas Kesehatan dan BPOM  

Peluang atau prospek kerja ilmu gizi yang ketiga adalah sebagai staf institusi pemerintah. Kamu bisa bekerja di instansi pemerintah seperti dinas kesehatan atau di BPOM. Kamu bisa menjadi bagian dari tim yang menentukan apakah suatu produk sudah sesuai untuk mendapatkan izin dari BPOM atau tidak.

5.    Staf Lembaga Kesehatan Masyarakat

Kamu juga bisa bekerja sebagai staf di lembaga kesehatan masyarakat. Banyak lembaga kesehatan masyarakat yang membutuhkan ahli gizi. Beberapa contoh lembaga kesehatan masyarakat yang ada di Indonesia yaitu puskesmas, posyandu, hingga klinik. Tugas Kamu di antaranya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemenuhan gizi.


6.    Bekerja Di Restoran

Peluang atau prospek kerja ilmu gizi berikutnya adalah menjadi crew restoran. Sebagai lulusan dari jurusan ilmu gizi Kamu bisa bekerja di restoran ternama, misalnya restoran bintang lima atau restoran di kapal pesiar. Banyak restoran yang membutuhkan ahli gizi untuk menyusun menu makanan di sana. 

7.    Peneliti

Prospek atau peluang pekerjaan lainnya adalah menjadi seorang peneliti. Dengan menjadi seorang peneliti, kamu dapat berkontribusi dalam ilmu pengetahuan terutama soal gizi dan makanan. Kamu dapat mengembangkan Ilmu Gizi untuk masa kini dan juga masa depan. 

Nah, itulah beberapa peluang atau prospek kerja lulusan Ilmu Gizi dan juga besaran gajinya. Jika kamu tertarik setelah melihat prospek dan peluang kerjanya,  mungkin kamu bisa mendaftarkan diri jurusan Ilmu Gizi, Fakultas Gizi Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Program Studi S1 Gizi di Fakultas Gizi Universitas Muhammadiyah Jakarta selama ini telah berhasil menghasilkan lulusan-lulusan yang mampu menerapkan keterampilan serta pengetahuan mereka di bidang Ilmu Gizi, dengan mengikuti perkembangan IPTEK yang terus berlanjut. Oleh karena itu, Program Studi S1 Gizi di Fakultas Gizi Universitas Muhammadiyah Jakarta dapt menjadi pilihan yang tepat buat kamu.

Unidha Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta beralamat di Jl. Kh. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, dan di Jl. Cempaka Putih Tengah, Jakarta Pusat.
© 2021 FKK UMJ Follow FKK UMJ : Facebook Linked Youtube