header-int

Ternyata Begini Prospek Kerja Dari Lulusan Fakultas Ilmu Gizi, Cek Disini

Kamis, 22 Apr 2021, 14:24:38 WIB - 30 View
Share

Pada umumnya, banyak yang berminat dan memiliki ketertarikan dalam mempelajari bidang kesehatan, terutama berkaitan dengan Ilmu Gizi, namun masih ragu-ragu mengenai prospek kerjanya. Padahal, jurusan yang satu ini memiliki lulusan yang telah sukses karena prospek kerjanya yang luas. Lalu apa saja prospek kerja dari lulusan fakultas Ilmu Gizi tersebut? Berikut ini adalah beberapa di antaranya yang perlu kamu ketahui.

1.    Dosen
Setelah lulus dari fakultas Ilmu Gizi, kamu dapat menentukan apakah ingin melanjutkan ke jenjang lebih tinggi atau bekerja. Jika setelah lulus dari jenjang sarjana, kamu memiliki keinginan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, maka kamu berpeluang untuk menjadi dosen dan tenaga pengajar di bidang keilmuan ini.

2.    Konsultan Gizi
Menjadi seorang konsultasi gizi merupakan salah satu pilihan yang dapat kamu pilih sebagai lulusan fakultas Ilmu Gizi. Dengan menjadi konsultan gizi, kamu kan memberikan saran dan informasi mengenai nutrisi yang baik untuk dikonsumsi. Dalam hal ini, kamu dapat memilih untuk bekerja sebagai staf di rumah sakit bagian gizi, maupun membuka praktik/klinik gizi secara mandiri.

3.    Staf Lembaga Kesehatan Masyarakat
Selain menjadi konsultan gizi, kamu juga dapat bekerja menjadi staf lembaga kesehatan masyarakat, seperti pada posyandu maupun puskesmas. Menjadi staf lembaga kesehatan masyarakat merupakan suatu kontribusi penting yang dapat kamu berikan sebagai lulusan fakultas Ilmu Gizi, untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya pemenuhan gizi kepada masyarakat.

4.    Staf Instansi Pemerintah
Menjadi staf instansi pemerintah dapat menjadi pilihan setelah lulus dari fakultas Ilmu Gizi. Salah satu institusi pemerintah yang dapat mempekerjakan kamu yaitu BPOM. Jika kamu bekerja sebagai staf instansi pemerintah di BPOM, kamu akan bertugas untuk menentukan apakah suatu produk aman dan berhak mendapatkan izin ataukah tidak.

5.    Peneliti
Prospek kerja bagi lulusan fakultas Ilmu Gizi selanjutnya yaitu menjadi seorang peneliti. Dengan menjadi seorang peneliti kamu, dapat berkontribusi dalam dunia ilmu pengetahuan, terutama dalam bidang kesehatan. Selain itu, dengan menjadi seorang peneliti, itu berarti kamu akan dapat mengembangkan Ilmu Gizi untuk masa kini dan juga masa yang akan datang. 

6.    Pengusaha
Berbekal ilmu yang telah kamu pelajari di fakultas Ilmu Gizi, kamu dapat menjadi seorang pengusaha yang bergerak di bidang makanan. Kamu dapat menjadi seorang pengusaha dengan memulai usaha dari catering sehat atau menu diet khusus, dengan menerapkan ilmu yang telah didapatkan.

Nah, itulah dia beberapa prospek kerja lulusan fakultas gizi, yang cukup menjanjikan dan tidak akan pernah lekang oleh zaman. Sekarang, makin mantap lagi kan minat kamu untuk berkuliah di fakultas Ilmu Gizi? Jika iya, maka kamu dapat memilih Fakultas Gizi Universitas Muhammadiyah Jakarta sebagai tujuan utama. Hal ini karena, Fakultas Gizi Universitas Muhammadiyah Jakarta telah memiliki fasilitas rumah sakit pendidikan utama dan juga 4 rumah sakit afiliasi, sehingga akan mendukung proses pembelajaran dengan baik.

Fakultas Gizi Universitas Muhammadiyah Jakarta juga dapat menghasilkan lulusan yang menguasai 3 kompetensi yaitu gizi klinik, gizi institusi dan juga gizi masyarakat. Para lulusan Fakultas Gizi Universitas Muhammadiyah Jakarta memiliki keterampilan dalam hal menerapkan ilmu saat keadaan darurat. Oleh karena itu, memilih Fakultas Gizi Universitas Muhammadiyah Jakarta sebagai tempat untuk menimba ilmu merupakan hal yang tepat.

Unidha Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta beralamat di Jl. Kh. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, dan di Jl. Cempaka Putih Tengah, Jakarta Pusat.
© 2021 FKK UMJ Follow FKK UMJ : Facebook Linked Youtube