header-int

Komisi Etik Penelitian Kesehatan FKK UMJ

Posted by : Administrator
Share

Komisi Etik Penelitian Kesehatan Fakultas Kedokteran  dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta  adalah sebuah badan/unit independen di bawah Dekan yang bertugas melaksanakan pengkajian secara etik  penelitian bidang kesehatan dan kedokteran terutama penelitian dengan subyek penelitian manusia untuk menjaga martabat, hak, keselamatan,  dan kesejahteraan manusia yang terlibat dalam penelitian. 

Komisi Etik Penelitian Kesehatan (KEPK) Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta memiliki tugas-tugas sebagai berikut :

  1. Melakukan review protokol penelitian kesehatan secara rutin untuk membahas usulan penelitian yang memerlukan ethical clearance. Semua penelitian yang sedang berjalan yang telah mendapatkan ethical clearance dari Komisi Etik Fakultas Kedokteran dan Kesehatan UMJ akan dipantau oleh anggota Komisi Etik. Seluruh proses telaah (review) protokol penelitian berbasis online yaitu dengan Sistem Informasi Manajemen Etik Penelitian Kesehatan (SIM-EPK) dari Komisi Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Nasional Indonesia (KEPPKN) melalui situs http://sim-epk.keppkn.kemkes.go.id/
  2. Mengadakan rapat konsultasi dengan pihak yang terkait serta merumuskan tertib penelitian sesuai dengan norma hukum yang berlaku
  3. Pertemuan Komisi Etik Penelitian Kesehatan diadakan sesuai dengan ada tidaknya protokol yang masuk dan akan dikaji
  4. Membina dan memberikan penyuluhan mengenai etika penelitian kepada calon peneliti serta memantau pelaksanaannya di lapangan
  5. Menilai dan memberikan rekomendasi kelayakan etis penelitian

 

  1. Prinsip etik dasar adalah:
  • Prinsip menghormati harkat dan martabat manusia (respect for person)
  • Prinsip berbuat baik (beneficence) dan tidak merugikan (non-maleficence)
  • Prinsip keadilan (justice)

 

  1. Jenis kajian etik terbagi dalam 3 (tiga) kategori berdasarkan besar kecilnya risiko sesuai penilaian awal yang dilakukan.
  • Protokol penelitian dibebaskan (Exempted)  dari telaah etik dan mendapatkan surat keterangan bebas telaah etik setelah ditelaah secara cepat oleh 3 penelaah. Dalam kategori ini adalah penelitian tanpa risiko atau risiko minimal tanpa melibatkan subyek yang rentan. Proses kajian etik selesai maksimal dalam waktu 6 hari setelah melakukan pengajuan.
  • Proses telaah etik dipercepat (Expedited) dan akan ditelaah oleh minimal 3 penelaah. Dalam kategori ini adalah penelitian dengan risiko sedang dengan atau tanpa melibatkan subyek yang rentan. Proses kajian etik selesai maksimal dalam waktu 9 Hari setelah melakukan pengajuan.
  • Proses telaah etik yang memerlukan rapat pleno/full board dengan mengundang tim peneliti dan seluruh anggota KEPK. Kategori ini diperuntukkan penelitian yang memiliki risiko tinggi dan/atau melibatkan individu kelompok rentan sebagai subyek penelitian. Rapat pleno atau full board wajib dihadiri oleh tim peneliti dan minimal 5 anggota KEPK serta 1 orang lay person. Proses keputusan apakah protokol akan ditelaah secara full board akan diberitahukan kepada peneliti maksimal dalam waktu 11 hari setelah pengajuan.

 

Rekomendasi yang diberikan oleh KEPK FKK UMJ dapat berupa:

  • Disetujui
  • Perlu perbaikan
  • Tidak Bisa Ditelaah

 

  1. Tata cara pengajuan dan pengusulan kaji etik penelitian kesehatan adalah harus mengisi dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan serta melakukan pengajuan etik secara online melalui SIM-EPK, sesuai dengan petunjuk dibawah ini:
  1. Menyiapkan Kelengkapan Dokumen yang dibutuhkan untuk diunggah yaitu :
    1. Surat Pengantar dari Program Studi atau Institusi asal Peneliti, ditujukan untuk Komisi Etik Penelitian Kesehatan FKK UMJ dalam bentuk PDF (Contoh Bentuk Surat Pengantar)
    2. Surat Pernyataan dari Peneliti bahwa tidak akan melakukan penelitian atau riset sebelum adanya persetujuan etik (Surat Pernyataan) dalam bentuk PDF
    3. Melampirkan Foto Bukti Pembayaran Biaya Kaji Etik KEPK FKK UMJ dalam bentuk PDF atau JPEG
    4. Melampirkan CV Peneliti utama atau dengan anggota peneliti dalam bentuk PDF
    5. Melampirkan daftar lembaga sponsor (jika ada) dalam bentuk PDF
    6. Melampirkan Instrumen Penelitian atau Kuesioner (jika ada) dalam bentuk PDF
    7. Melampirkan naskah persetujuan setelah penjelasan (PSP) untuk mendapatkan persetujuan dari subyek penelitian dan informed consent yang sesuai dengan rekomendasi WHO CIOMS 2016 (Informed Consent dan PSP WHO CIOMS 2016) dalam bentuk PDF. (Contoh isian)
    8. Tanda tangan Peneliti Utama dalam bentuk PDF atau JPEG
    9. Protokol Penelitian (tidak untuk diunggah, hanya untuk memudahkan pengisian protokol secara online)
  2. Melakukan pembayaran via transfer melalui no rekening BNI Syariah 171256377 atas nama UMJ Fakultas Kedokteran, dengan biaya pengajuan:
    1. Mahasiswa D-3 dan S-1 di FKK UMJ : Rp 150.000,-
    2. Mahasiswa S-1 di lingkungan UMJ : Rp 150.000,-
    3. Mahasiswa S-2 di lingkungan UMJ : Rp 200.000,-
    4. Dosen FKK UMJ : Rp 200.000,-
    5. Mahasiswa S-1 di luar UMJ : Rp 200.000,-
    6. Dosen, Mahasiswa S-2, dan Umum di luar UMJ : Rp 250.000,-
    7. Mahasiswa S3 : Rp 300.00,-
  3. Melakukan pendaftaran Peneliti melalui situs SIM-EPK (Petunjuk pendaftaran).

Situs pendaftaran: http://sim-epk.keppkn.kemkes.go.id/reg_pengusul/.

  1. Setelah mendaftar, peneliti melakukan log-in pada akun peneliti dan melakukan pengajuan protokol etik (Petunjuk pengisian protokol).

Situs log-in akun : http://sim-epk.keppkn.kemkes.go.id/auth/login/

  1. Pengajuan Etik ditujukan untuk Komisi Etik Penelitian Kesehatan FKK UMJ dengan nama KEPK yaitu KEPK FKK UMJ dengan Kodefikasi 3674032S
  2. Setelah melakukan pengajuan protokol penelitian, diharapkan peneliti selalu melakukan monitoring pada akun peneliti di SIM-EPK untuk dapat mengetahui perkembangan dari telaah etik
  3. Setelah pengajuan protokol etik telah disetujui oleh KEPK FKK UMJ, peneliti bisa mengunduh Surat Persetujuan Etik (Ethical Clearance)
  4. Apabila Peneliti membutuhkan hardcopy Surat Persetujuan Etik dapat diajukan kepada Sekretariat KEPK FKK UMJ, dengan menghubungi Telp/ WhatsApp atau langsung ke kantor sekretariat KEPK FKK UMJ
  5. Peneliti yang telah mendapatkan Persetujuan Etik diharapkan untuk mengisi kuesioner penilaian kepuasan terhadap KEPK FKK UMJ melalui form online ini (kuesioner)

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Telp/ WhatsApp ke 0812-2760-6034 atau bisa mendatangi langsung kantor sekretariat KPEK FKK UMJ di gedung FKK UMJ Cirendeu lantai 2 pada waktu kerja yaitu hari Senin-Jumat pukul 08.00 WIB s/d 17.00 WIB

Unidha Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta beralamat di Jl. Kh. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, dan di Jl. Cempaka Putih Tengah, Jakarta Pusat.
© 2020 FKK UMJ Follow FKK UMJ : Facebook Linked Youtube